Saturday, April 5, 2014

@Bunga Kamboja yg bernilai


@Bunga Kamboja yang bernilai
Sekilas bila kita lihat bunga Kamboja hanyalah tanaman hias perindang yang berbunga indah untuk dipandang dengan tebaran aromanya harum lembut berkesan mewah perpaduan antara wangi dahlia, melati dan mawar, kadang sebagian orang mengakaitkanya dengan aroma mistis, karena memang di negri kita ini bunga kamboja biasanya tumbuh di area pekuburan, dibiarkan berguguran menjadi sampah yang tak berharga,  padahal bunga Kamboja ini menyimpan potensi dan manfaat yang bernilai tinggi baik tidak hanya untuk kesehatan, tapi juga mempunyai nilai ekonomis yang cukup menjanjikan. 


@Nilai ekonomis Bunga Kamboja Kering yang menggiurkan:
Bunga kamoboja saat ini sudah mulai membuktikan dirinya sebagai komodity yang digemari, baik untuk tanaman hias, penghijauan,  di Bali khususnya bunga kamboja merupakan bunga maskot Bali, mulai dari hotel, restorant, supermarket, bandara, semua menyuguhkan bunga kamboja di front office nya.

Selain dimanfaatkan untuk keperluan upacara agama, bunga kamboja memang memiliki nilai jual yang menjanjikan, diolah sebagai bahan baku industri kerajinan dupa, pengharum, bahan kosmetik dan spa yang bahkan sampai diekspor ke China.
 

Permintaan dari luar negeri memang  cukup banyak,  tapi terkendala karena belum banyak orang  yang membudidayakannya, pembeli bunga kamboja kering ini berasal dari China, Taiwan, dan Korea Selatan, Singapore, bahkan Eopa. Pembeli dari China biasanya paling berminat mencari bunga kamboja ini, masyarakat China sangat menggemari racikan bunga kamboja asal Indonesia lantaran kandungan airnya kurang dari 10%. 


Bunga kamboja kering saat ini memang menjadi peluang bisnis yg sangat menguntungkan, dahulu hanya dilihat sebelah mata saja sekarang dicari/diburu dimana-mana. Pohon kamboja dahulu umumnya hanya berada di kuburan atau pemakaman, tapi skarang hampir ada di setiap rumah khususnya di Pulau Bali.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba berkecimpung dalam usaha pembudidayaan atau bahkan pemasaran bunga Kamboja ini, sebelum memulainya alangkah lebih baiknya jika kita pahami dulu segala hal yang berkaitan dengan bunga Kamboja yang cantik, wangi dan bernilai ini.   

@Asal-usul bunga Kamboja:

Nama latin untuk bunga kamboja, adalah “Plumeria”, nama tersebut diabadikan sebagai bentuk penghargaan bagi seorang ahli botani asal Prancis bernama Charles Plumier, beliaulah orang pertama yang menemukan tanaman ini ketika melakukan perjalanan ke dunia baru (Amerika) pada abad ke-16 dalam misinya mendokumentasikan flora dan fauna yang ada di sana, namun asal usul tanaman plumeria itu sendiri  tidak bisa ditentukan secara pasti, diperkirakan tanaman ini menyebar dari wilayah tropis kepulauan Pasifik daerah Amerika yang hangat karena di daerah inilah plumeria pertama kali diketemukan.

Bunga yang biasa disebut plumeira atau  frangipani, ini memiliki ciri khas yaitu  bunga berwarna putih dan di tengahnya ada warna kuning, di Brasil plumeria dikenal dengan nama Jasmine de Cayenne, di Hawaii plumeria juga dikenal dengan nama Hawaiian lei , masyarakat Hawaii menggunakan bunga plumeria sebagai rangkaian Lei atau kalung tradisional Hawaii, di China, Plumeria dikenal dengan nama bunga telur ayam ( Jïdán Huá ), sedangkan di Indonesia plumeria dikenal dengan nama bunga Kamboja.

Bunga Kamboja “Plumeria” masih satu keluarga dengan bunga kamboja jepang atau adenium, perbedaannya terletak pada ukuran bunga yang lebih besar. Bunga Kamboja ini sendiri ada banyak jenis dan warna. tetapi yang diminati dan tinggi nilai ekonominya adalah kamboja putih ( Plumeria Alba ) yang biasa terdapat di makam sehingga dikenal sebagai Bunga Kuburan, yang biasanya berfungsi sebagai tanaman penghias dan peneduh.



@Manfaat Tanaman Kamboja untuk kesehatan

Selama ini kita mungkin lebih paham bahwa getah bunga kambojalah yang banyak memiliki manfaat untuk kesehatan, sejak jaman dulu secara turun temurun di kalangan masyarakat desa dan pedalaman getah plumeria dikenal memiliki kemampuan luar biasa untuk penyembuhan berbagai macam penyakit, antara lain :
Untuk menyembuhkan sakit gigi, “dengan catatan tidak sampai tertelan! karena ini sangat berbahaya bisa mengakibatkan gangguan pencernaan disertai pusing yang berkepanjangan atau bahkan keracunan”.

Getah plumeria mengandung sejenis antiseptik yang mampu menyembuhkan gatal-gatal di sela-sela jari kaki karena kuman air dan sejenisnya, seperti tumit pecah-pecah ataupun luka-luka kecil ditangan dan kaki, tetapi untuk kulit lunak dari bagian tubuh kita tidak dianjurkan menggunakan getah plumeria ini, karena bisa mengakibatkan iritasi ataupun luka yang lebih serius, bahkan bisa menimbulkan kebutaan jika terkena mata
.
Getah plumeria memiliki unsur kuat yang mengurangi masa tulang sehingga mampu menghancurkan tulang dan gigi, beberapa tetes getah plumeria pada gigi yang sakit karena berlubang akan bereaksi secara perlahan menghancurkan gigi tersebut sampai habis dan tidak sakit lagi, bahkan termasuk gigi yang tidak berlobang sekalipun kalau sampai terkena getah plumeria juga akan hancur.

Getah plumeria dalam dosisi yang tepat juga bisa dimanfaatkan sebagai Antibiotik, karena bersifat racun dan bisa mematikan kuman, karena dalam getah kemboja terkandung alkaloid, tanin, flavonoid dan tripterpenoid, 

Daun bunga kamboja ternyata bisa dimanfaatkan sebagai obat bisul, dengan cara daun kamboja yang masih muda dan segar dipanaskan diatas api sampai layu, kemudian olesi dengan sedikit minyak zaitun. Selanjutnya daun tersebut ditempelkan pada bisul selagi masih panas. Ulangi hingga bisul mengempes.

Getah plumeria dalam dosisi yang tepat juga bisa dimanfaatkan sebagai Antibiotik, karena bersifat racun dan bisa mematikan kuman, karena dalam getah kemboja terkandung alkaloid, tanin, flavonoid dan tripterpenoid.




@Manfaat bunga kamboja kering :

Selain getahnya, yang mempunyai berbagai khasiat penyembuhan, ternyata tanaman asal daratan Amerika Tengah ini ternyata tidak hanya menyimpan keindahan dan keharuman, bunganya yang telah dikeringkan, lantas ditumbuk halus, banyak dipakai sebagai bahan baku wewangian, kosmetik, industri kerajinan dupa, spa, serta teh herbal.

Bunga kamboja yang dikeringkan sempurna apabila dipergunakan dengan takaran yang tepat akan sangat manfaat bagi kesehatan, efektif untuk menurunkan suhu tubuh, meringankan demam, radang gusi atau tenggorokan, bibir pecah-pecah dan juga bermanfaat sebagai stabiliser pencernaan untuk menambah nafsu makan, juga dapat mengatasi sembelit

Bunga Kamboja sangat cocok untuk dipergunakan sebagai minuman di musim kemarau dan tidak hanya itu saja, masih banyak zat bermanfaat lainnya yang terkandung di dalam bunga kamboja kering antara lain mengurangi resiko infeksi dan bahkan mampu mencegah kanker paru-paru.
Teh bunga kemboja. Bunga kamboja yang diseduh bersama teh atau tanpa teh dipercaya bermanfaat memberikan efek adem, sejuk dan baik bagi pencernaan. Sehingga teh bunga kamboja ini sangat baik dikonsumsi secara rutin bagi seseorang yang ingin sehat secara alami.

Sebagai campuran sabun colek, dapat disuling kemudian diambil sari bunganya untuk dijadikan sebagai bibit minyak wangi, sedangkan sisa hasil proses penyulingan (ampas bunga kamboja -red) bisa dimanfaatkan kembali menjadi campuran dupa. Jadi semuanya berguna itulah sebabnya harga bunga kamboja mahal dan diburu orang.

Bunga kamboja juga digunakan sebagai campuran obat nyamuk bakar, karena kandungan minyak atsiri yang terkandung di dalamnya memiliki sifat anti serangga, mempunyai aroma yang wangi, sehingga lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan obat pembasmi serangga yang berbahan dasar kimia.



@Budidaya tanaman kamboja

Tanaman Kamboja dapat ditanam dengan stek batang ataupun langsung memotong batang dan dapat segera tumbuh. Perawatan juga tidak memerlukan penanganan secara khusus, yang penting memperoleh air secara cukup. Tanaman ini juga dapat tumbuh di berbagai lahan tanah bahkan yang sedikit berpasir pun masih tahan.

Ciri-ciri Tanaman Kamboja :
Ciri khas tanaman ini memiliki batang yang berkayu keras tinggi. Selain itu, tanaman ini juga memiliki cabang yang banyak. Tingginya bisa mencapai lebih enam meter. Batang utama besar, cabang muda lunak, batangnya cenderung bengkok dan bergetah. Daun tanaman kamboja berwarna hijau, berbentuk lonjong dengan kedua ujungnya meruncing dan agak keras dengan urat-urat daun yang menonjol, sering rontok terutama saat berbunga lebat. Sedangkan, bunga yang menjadi daya tarik kamboja berbentuk terompet, muncul pada ujung-ujung tangkai, daun bunga umumnya berjumlah lima buah, biasanya berbunga sepanjang tahun.


Perkembangbiakan Kamboja
a. Biji
Perkembangbiakan dari biji merupakan cara untuk mendapatkan jenis-jenis adenium baru. Adenium dari biji menunjukkan bonggol yang membesar, tidak seperti perbanyakan cara vegetatif.

b.Sambung
Cara yang paling banyak dipakai untuk memperbanyak adenium hibrida adalah dengan cara sambung/grafting. Dibutuhkan waktu 10 sampai 30 hari agar sambungan menyatu. Jangan lupa melepas tali sambungan agar tidak menganggu penyerapan makanan ke batang atas. Setelah beberapa saat, cabang baru dapat muncul dari batang bawah, cabang ini sebaiknya dipangkas agar tidak mengganggu.

c. Stek
Cara-nya sederhana saja, potongan batang yang akan di-stek dipangkas daunnya. Setelah itu oleskan zat perangsang akar pada bekas potongan. Setelah satu malam diangin-anginkan baru ditancapkan pada media tanam. Biarkan media sedikit lembab, tidak basah, tidak pula kering. Setelah beberapa lama akar akan muncul diikuti dengan tumbuhnya tunas.

d. Cangkok
Mencangkok dilakukan untuk mengurangi kegagalan yang biasa terjadi dengan cara stek. Dengan mencangkok, akar akan tumbuh lebih dulu baru ditanam, sehingga tanaman dapat langsung menyerap unsur hara dari tanah. Namun diperlukan waktu dan tenaga ekstra untuk melakukan pencangkokan, sehingga cara ini jarang dipakai.

Biasanya dari penanaman awal hingga mulai berbunga dengan metode stek  butuh waktu 6 bulan, dan jika kita menanamnya  dari biji butuh waktu kurang lebih 8 bulan,


Cara Menanam Pohon Komboja
Sebelum menanam buat lubang berukuran 120 x 120 cm dengan kedalaman 80 hingga 100 cm. Pastikan lubang yang telah digali tidak ada kotoran seperti beton, kerikil, dan sebagainya. Tanam kamboja beserta kontainer yang masih menempel. Ini ditujukan agar pohon kamboja bisa beradaptasi perlahan dengan media tanam dan lokasi terbaru.

Cara Perawatan Kamboja
Kamboja bukan pohon yang sulit dalam segi perawatannya. Low maintenance patut disandang oleh jenis pohon ini. Sebaiknya pohon ini ditanam dengan intensitas sinar matahari langsung. Daunnya juga tidak mudah rontok, hanya saja bunga yang sudah tua pasti akan jatuh dengan sendirinya. Dia juga membutuhkan jenis media tanam yang porus. Walaupun berjenis low maintenance, pohon ini juga memiliki masalah dengan serangan hama.



 @Memulai Bisnis Bunga Kamboja Kering.
Sekedar gambaran untuk memulai dan berkecimpung dalam usaha ini, mungkin ada beberapa hal yang perlu dipahami dan diperhatikan, agar usaha ini benar-benar akan menjadi hal yang menguntungkan, antara lain :



Jenis bunga kamboja apa saja yang bisa dikeringkan untuk dijual?
Semua jenis dan warna, baik warna putih – kuning – merah – pink – ungu – dll, yang terpenting jenisnya adalah bunga kamboja pohon yang wangi, bukan kamboja hias atau kamboja jepang.

Bagaimana cara mengeringkannya ?
Bunga kamboja yang berguguran ditanah yang masih segar diambil, lalu dijemur. Bunga yang sudah membusuk ditanah, atau sudah bewarna hitam berjamur, itu semua tidak boleh diikutkan dalam penjemuran karena itu sudah termasuk sampah (tidak dipakai). Mengeringkannya juga bisa menggunakan alat pengering, tapi lebih baik menggunakan sinar matahari langsung agar dapat menghemat biaya.

Berapa lama bunga kamboja bisa kering?
Jika musim kering, pengumpul lebih senang menjual bunga kamboja kering karena dapat memperoleh uang lebih banyak. Proses pengeringan sangat mudah karena bunga cukup dijemur di atas anyaman bambu dan diletakkan di halaman supaya terkena sinar matahari, dalam waktu tiga-empat hari biasanya bunga kamboja akan cepat kering, tapi jika menggunakan seng sebagai alasnya maka hanya membutuhkan 2-3 hari saja.


Berapa kg kamboja basah/segar untuk menghasilkan 1kg kering?
Rata-rata dibutuhkan 6-7kg kamboja basah untuk menghasilkan 1kg kering. 7:1


Bagaimana Kwalitas kamboja kering yang bagus itu:
  • Kamboja kering tersebut harus benar-benar kering, cirinya bagian tangkai bunga dapat dipatahkan dengan mudah, selain itu kembang harus yang jatuh dari pohonnya ( bukan dipetik ).
  • Kering dengan kadar air 15% atau <16%
  • Bersih dari sampah, tanah, pasir dan kotoran lainnya.
  • Selama proses pengeringan tidak boleh kena air, karena warnanya akan menjadi  hitam/busuk. 

Bagaimana menjaga kwalitas bunga kamboja kering
Cara penyimpanan
:
Setelah dijemur kering, letakkan ditempat yang teduh minimum 3 jam ( tujuannya agar tidak hancur waktu memasukan kedalam karung ), baru setelah itu dimasukkan ke dalam karung plastik yang kedap air dan simpan ditempat yang kering ( jangan pernah kena air ), karena kalu kena air akan mengakibatkan busuk atau jamuran.

Cara pengepakkan :
Satu karung untuk ukuran berat 50 kg, umumnya satu karung dapat diisi lebih dari 10kg kamboja kering.

Dengan selalu menjaga kwalitas bunga Kamboja dengan baik dan benar,  tentunya kepercayaan konsumen juga pastinya akan terpelihara, kita juga bisa sharing dan berinteraksi dengan berbagai forum yang berkaitan dengan pengembangan usaha ini yang terdapat di internet atau sosial media lainnya, hal ini pastinya akan sangat membantu, sehingga usaha yang kita akan tekuni nanti menjadi usaha yang berkah dan benar-benar menguntungkan, semoga.. aamiin.


--♥♥♥--
Ternyata banyak juga tanaman di sekitar kita yang bisa menjadi lebih bernilai dan menghasilkan, seperti halnya bunga kamboja ini, sebelumnya hanya digunakan untuk hal yang terbatas, bahkan sisanya terbuang percuma dan hanya dianggap sampah yang tak  berguna, tetapi dengan sedikit pengetahuan ternyata bisa memberikan peluang untuk menambah pendapatan.
 

Menjadi petani atau produsen, pengumpul (pengepul) atau bahkan eksportir bagi komoditi ini akan cukup menguntungkan, karena permintaan masih akan komoditi ini terus meningkat, banyaknya lahan tidur disekitar kita, bisa dijadikan lahan untuk tanaman ini, juga halaman atau tanah di sekitar rumah kitapun bisa dimanfaatkan untuk tanaman kamboja ini, karena selain sebagai komoditas ekspor yang bisa menghijaukan dan menyegarkan,  plumeria juga merupakan tanaman ramah lingkungan karena akarnya tidak menghancurkan pondasi bangunan.
 

Indonesia memang kaya, tanahnya yang subur dengan beraneka tanaman yang menyimpan berbagai potensi dan manfaat yang menjadikannya bernilai ekonomi, yang jika di kelola secara baik, profesional dan bertanggung jawab, semestinya semua potensi itu dapat mensejahterakan rakyatnya, akh.. seharusnya bukan cuma mimpi, jika aku  membayangkan negriku ini menjadi negara agraris yang maju, dengan sistem dan teknologi yang modern, karena memang begitu besar potensi alam dan anugrah yang telah Tuhan berikan untuk negri ini, andai saja kita semua bisa memahaminya dengan lebih arif dan bijak, but I hope it's not just my dream... semoga..



♥just wanna share, semoga bermanfaat...,
Hp@rumahbungaku-Bunga Kamboja yang bernilai





7 comments:

Aldo said...

Thanx Infonya Gan !!!

Anonymous said...

Ty

Gema Parfum said...

Terima kasih infonya gan.
Lumayan buat nambah wawasan.

Gema Parfum
Parfum Termahal di Dunia.

----------

Anonymous said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

mohon informasi pembeli bunga kamboja kering dan penjual alat penyulingan bunga kamboja untuk wilayah jateng dan DIY

Unknown said...

Thank you for all :), untuk hal yg berkaitan dgn bunga kamboja di Yogyakarta bisa visit link brkut ini,trimakasih..
http://m.indonetwork.co.id/alloffers/Yogyakarta/all/all/0/kamboja.html

Unknown said...

Yg minat kokeksi bunga kamboja warna warni,silakan di pilih2,,,
hrga terjangkau mulai dr 100rb'an-,,,
bs bantu kirim luar bali(hrg ud termasuk ongkir )
utk info bs hub:
087860352017 ato pin 5CF20A36