Monday, December 16, 2013

@National flower (1)


Bunga nasional (1)           

Bunga adalah lambang keindahan, di belahan bumi manapun kehadiran bebungaan akan menghadirkan keindahan, kehadirannya pada geografis masing-masing negara di belahan bumi ini menjadikan bebungaan yang tumbuh di wilayah tersebut menjadi kebanggan dan lambang dari tempat atau negara dimana bunga itu tumbuh. Untuk lebih detailnya bisa dilihat di catatan ini : National Flower List by country

Berikut ini catatan dan gambar beberapa bunga nasional beserta sedikit gambaran karakteristiknya, mulai dari negri kita tercinta tentunya dan beberapa negara di Asia dan negara tetangga lainnya, untuk bunga lambang kebangsaan atau bunga nasional dari negara-negara di Eropa dan belahan bumi lainnya akan aku coba share di catatan berikutnya.


1. Indonesia :      
Indonesia memiliki tiga bunga nasional yang ditetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor 4/1993, yaitu :
           Bunga melati putih (Jasminum sambac) sebagai puspa bangsa
           Bunga anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) sebagai puspa pesona dan
           Bunga padma raksasa (Rafflesia arnoldii) sebagai puspa langka.


 Bunga melati putih (Jasminum sambac) sebagai puspa bangsa




 Bunga anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) sebagai puspa pesona





Bunga raksasa (Rafflesia arnoldii)
Bunga yang satu ini adalah bunga langka asli Indonesia. bunga ini merupakan bunga raksasa terbesar dan sudah diakui di mancanegara. Bunga Raflesia berasal dari bengkulu dan berada di daerah hutan hujan tropis. selain di Bengkulu juga bisa kita temukan di kebun raya bogor .

Nama raflesia berasal dari nama seorang peneliti yang bernama Joseph Arnold yang pada tahun 1818 menemukan bunga ini di hutan tropis sumatera dan seorang peneliti lainya yang bernama Thomas Stanford raflles jadi kedua nama ini di gabungkan menjadi raflesia Arnoldi. bunga raflesia merupakan bunga raksasa jika sedang mekar tingginya bisa mencapai setengah meter dan mempunyai berat 11 kilo gram.

Selain raksasa bunga ini juga tergolong unik, karena bunga ini tidak mempunyai  akar, daun dan batang. bunga ini memiliki lima mahkota yang terus mengembang, satu kelamin, putik dan benang sari. bunga raflesia hanya mekar dengan waktu yang singkat yaitu 5 sampai 7 hari saja padahal untuk menunggunya mekar diperlukan waktu hingga 9 bulan. maka saat bunga ini mekar, raflesia dianggap sangat istimewa dan banyak pengunjung yang inggin melihatnya. Setelah 7 hari perlahan-lahan bunga akan layu, kering dan kemudian mati.



2. Australia  
            
Australia memang unik, mereka mempunya warna nasional yang memang telah diakui. Warna nasional mereka bukan biru seperti bendera mereka tetapi warna nasional mereka adalah hijau dan emas, warna dari lambang bunga nasional mereka. Bunga itu adalah Golden Wattle (Acacia pycnantha Benth) . warna hijau dan emas ini juga bisa kita lihat pada warna kostum tim sepak bola mereka.




3. Jepang
Mungkin banyak yang sudah tahu tentang bunga Sakura. Bunga sakura adalah bunga nasional Negara Jepang. Bunga ini sangat indah, jadi tidak salah kalau Negara Jepang memilih bunga yang satu ini. Bunga sakura berbunga setiap satu tahun sekali, yakni pada musim semi. 

Sakura memiliki 300 jenis, salah satunya adalah yama sakura (sakura yang belum disilangkan hingga menghasilkan 300 jenis). Selain indah, Bunga sakura memiliki daya tarik yang sangat tinggi hingga membuat turis mancanegara berkunjung ke Jepang untuk melihat bunga sakura yang mekar.









4. China
China adalah negara yang besar dan beragam budaya dengan banyak daerah yang berbeda yang menawarkan beragam luas tanaman berbunga. Mungkin keragaman ini adalah mengapa Cina menemukan kesulitan untuk menunjuk bunga tunggal sebagai simbol nasional. Meskipun peony sering dianggap sebagai bunga nasional, meski  belum ditetapkan secara resmi.

Tapi Peony, the King of Flowers dianggap sebagai bunga nasional Cina, karena memiliki sejarah yang kaya dan menarik. Catatan menunjukkan peony telah ditanam sejak zaman Dinasti Utara dan Selatan, 386-589 CE Cina telah disukai keanggunan dan aroma dari peony pohon sejak zaman kuno, dan peony yang mendapatkan reputasi sebagai "raja bunga "lama.



4.Malaysia
Malaysia memilih Hibicus Rosa Sinensis atau bunga raya sebagai bunga nasionalnya. Di Indonesia bunga ini lebih dikenal bunga sepatu. 

Bunga Raya atau Hibiscus Rosa dipilih sebagai sebagai bunga kebangsaan pada 28 Julai 1960
Pemilihan tersebut adalah berdasarkan kepada keunikan bunganya yang merah dimana ia melambangkan keteguhan politik dan ekonomi serta sifat keberanian.




5.Singapura   
    
Bunga anggrek vanda yang juga dikenal di Indonesia jadi pilihan Singapura untuk bunga sebagai bunga nasionalnya. Yang dipilih adalah Vanda Miss Joaquim, merupakan anggrek hasil persilangan. 

Keunikan anggrek ini menjadikan Singapura memilihnya menjadi bunga nasionalnya sejak tahun 1981.







6. Brunei Darussalam
Bunga Nasional negara ini adalah Bunga Simpur merupakan pohon besar dengan bunga warna kuning. Daunnya juga besar. Bila bunga telah mengembang semua, maka terlihat seperti payung. Kita bisa melihat lambang bunga ini di uang senilai 1 dolar Brunei atau didesain kerajinan tradisional khas Brunei.







7. Filipina
Filipina memilih bunga Melati sebagai bunga nasionalnya. Bunga ini berbunga sepanjang tahun. Orang Filipina melambangkan Melati sebagai lambang kesucian, kesederhanaan,
kemanusiaan sekaligus kekuasaan. Ini juga merupakan bunga nasional Negara Indonesia.

The Fragrant Sampaguita, Sampaguita diadopsi pada tahun 1934 sebagai bunga nasional Filipina oleh gubernur Amerika, General Frank Murphy. Bunga putih mungil yang indah ini juga dikenal sebagai melati Filipina (genus Jasminum) dan biasa digunakan untuk teh rasa dan aroma parfum. Sebuah legenda kuno masyarakat setempat tentang bunga ini, diceritakan bahwa dulu ada seorang gadis yang jatuh cinta dengan seorang pejuang, tapi prajurit itu kemudian tewas dalam pertempuran, dan si gadis meratapi dia sampai hari ia meninggal. Setelah dia meninggal, sampaguita putih tumbuh di kuburnya, hingga bunga ini akhirnya menjadi simbol dari kesetiaan, cinta, dan kesucian.




8. Thailand 
Thailand memiliki bunga Cassia Fistulla Lina sebagai bunga nasionalnya. Di Indonesia dikenal sebagai bunga tengguli.  Warna kuning dianggap orang Thailand sebagai bagian dari Buddhisme dan merupakan warna kejayaan. 

Tengguli biasa berbunga pada bulan Februari hingga Mei, sebagai symbol harmoni dan kesanan masyarakat Thailand.







9. Vietnam
Lotus adalah Bunga Nasional Vietnam dalam bahasa latinnya Nymphea Lotus. Bagi masyarakat timur (asia) , Lotus atau Teratai ini melambangkan kesucian, komitmen dan optimisme masa depan.









10.Laos 



Dor Champa begitulah nama Bunga Kamboja disebut di Laos, menjadi lambang ketulusan dan kebahagiaan hidup, biasa digunakan untuk dekorasi upacara keagamaan dan untuk ucapan selamat datang pada tamu. seperti halnya biasa yang dilakukan masyarakat di pulau Bali.











11. Myanmar
Bunga nasional Myanmar adalah Bunga. Paduak, Bunga berwarna kuning emas ini biasa berkembang pada bulan April bertepatan dengan Myanmar New Year Festival. Bila seluruh bunga berkembang, pohon ini seperti dipenuhi warna keemasan.

Masyakarat Myanmar, melambangkan Paduak sebagai symbol kekuatan dan ketahanan. Di Indonesia bunga ini dikenal dengan Pohon Angsana( Sana Jawa ).




Semoga bermanfaat
Hp@Rumahbungaku_National flower








No comments: