Monday, December 16, 2013

@National Flower(2)

 
National Flower (2)


Berikut ini catatan beberapa negara di Eropa dan belahan bumi lainnya, beserta bunga nasionalnya dan sedikit gambaran dan karakteristiknya :


1. Austria 
  
Bunga nasional Austria adalah Edelweiss, bunga putih kecil yang indah ini telah menjadi simbol bagi negara Austria. Edelweiss atau dalam istilah botanikal dikenal sebagai Leontopodium Alpinum, merupakan salah satu bunga gunung terbaik Eropa yg sangat terkenal, masih satu keluarga dengan bunga matahari. Karena keindahannya bunga berbentuk bintang ini disebut juga Floarea Reginei (bunga Queen). 



Edelweiss juga digambarkan pada koin Euro Austria, bunga ini telah biasa di gunakan secara tradisional sebagai obat terhadap penyakit perut dan pernapasan.



2. Belanda

Tulip (Tulipa) merupakan nama genus untuk 100 spesies tumbuhan berbunga yang termasuk ke dalam keluarga Liliaceae. Tulip berasal dari Asia Tengah, tumbuh liar di kawasan pegunungan Pamir dan pegunungan Hindu Kush dan stepa di Kazakhstan. Negeri Belanda terkenal sebagai negeri bunga tulip. Tulip juga merupakan bunga nasional bagi Iran dan Turki.

Tulip merupakan tumbuhan tahunan berumbi yang tingginya antara 10-70 cm, daunnya berlilin, berbentuk sempit memanjang berwarna hijau nuansa kebiru-biruan, dan bunganya berukuran besar terdiri 6 helai daun mahkota. Tulip hasil persilangan menghasilkan bunga berwarna tunggal, merah, oranye, kuning, hijau, biru, ungu, atau berbagai macam kombinasi dan gradasi warna.

Bunga ini bentuknya simple, tapi sangat indah dan beraneka warna, karena keindahan dan beragam warnanya ini di negara Belanda, Kanada juga Amerika serikat setiap tahunnya di sekitar bulan Mei, diadakan Festival bunga tulip (Tulip Time Festival)

Tulip time Festival :
Tulip time Festival merupakan festival tahunan yang diadakan di Belanda, Kanada, dan Amerika Serikat. Dalam festival ini bisanya diadakan parade, pesta kembang api,  berbagai acara dan konser, pameran kerajinan, menari dan kemeriahan lainnya, selama perayaan berlangsung hampir seluruh bagian kota dihiasi warna-warni bunga tulip yg indah .



3. Spanyol  

Bunga Carnation atau Anyelir adalah bunga nasional Spanyol. Tumbuhan ini banyak ditemukan di desa Loarre inn Huesca, Aragon, 

Tanaman ini menghiasi banyak dinding gereja dan kebun di sana. Dibudidayakan selama 2.000 tahun, Spanyol Carnation awalnya dikenal dalam warna pink , tapi kini warna–warna lainnya juga sudah mulai dikenal, bunga ini juga menjadi simbol  cinta, daya tarik, dan perbedaan.





4. Rusia
Bunga nasional Rusia adalah chamomile ( Matricaria recutita), Bunga ini sekilas mirip dengan bunga Aster,  dengan kelopak putih dan bagian tengah kuning cerah , tetapi mereka memiliki bau yang khas .

Rusia adalah negara yang sangat kaya akan budaya dan bunga chamomile dianggap sebagai salah satu hal bunga terbaik yg dapat merangkum keragaman budaya tersebut. 



Sebagian besar rumah-rumah dan tempat-tempat di Rusia penuh dengan tanaman yang indah ini,  bahkan hingga di perbatasan Rusia penuh dengan bunga chamomile .
Chamomile juga memiliki beberapa khasiat diantaranya sebagai obat flu , sakit , nyeri otot bahkan insomnia.



5. Peru:

Inca Magic  Flower dikenal sebagai bunga nasional Peru, disebut Inca Magic , karena tanaman ini tumbuh luas di sekitar candi stepa selama periode sejarah kuno. 

 Warnanya yang cerah melengkapi warna-warna cerah di negara ini, bunga ini juga menggambarkan bahwa suku Inca, disamping membudidayakan jagung dan kentang, mereka terampil juga dalam merawat tanama, bunga ini juga melambangkan kesetiaan.








6. France          

Iris menjadi bunga nasional Perancis, karena alasan sejarah keagamaan, dalam sejarah disebutkan bahwa dinasti raja pertama Perancis dibaptis oleh Tuhan dan Tuhan memberinya hadiah yang iris., yang merupakan simbol cahaya dan kebebasan.

Kata "Iris" berasal dari bahasa Yunani, yg berarti pelangi. Iris juga melambangkan cinta, dan persahabatan.







7.America (USA)

Mawar (Rosa) mawar secara resmi diadopsi sebagai bunga nasional negara ini pada tanggal 20 November 1986. Mawar telah ada selama sekitar 35 juta tahun dan tumbuh secara alami di seluruh Amerika Utara. 

Karena kecantikannya ternyata selain Amerika, Mawar adalah bunga nasional bagi negara Inggris dan Maladewa, juga pernah menjadi bunga nasional Honduras.





8. Denmark      
 



Marguerite Daisy (Argyranthemum frutescens) adalah bunga nasional negara Denmark, tanaman ini tumbuh mekar pada musim panas, tanaman yang indah, dan bunga ini  memenuhi standar tertentu tentang budaya, sejarah yang akhirnya ditetapkan sebagi bunga nasional negara tersebut.










9.Yugoslavia     

Lily of the Valley (Convallaria Majalis) , adalah bunga nasional negara ini, Lily of the Valley adalah bunga harum berbentuk bel, bunga ini muncul di musim semi di daerah empat musim. 

Bunga Lily of the Valley ini merupakan inspirasi dari beberapa legenda, antara lain  legenda Nasrani yang mengatakan bahwa air mata Bunda Maria yang jatuh di Salib Yesus berubah menjadi bunga ini. Atau legenda yang mengatakan bahwa bunga ini muncul dari darah St. George yang berperang melawan seekor naga.





Semoga bermanfaat,
Hp@Rumahbunga- National Flower









No comments: