Friday, December 20, 2013

@Tanaman pengusir nyamuk



@Bunga & Tanaman pengusir nyamuk 

Musim hujan identik dengan kehadiran nyamuk disekitar kita, mungkin bagi sebagian dari kita mudah saja mengatasi hal ini, dengan membeli dan memakai obat-obat kimia pembasmi nyamuk , yang dijual dipasaran, maka selesailah urusan dengan para nyamuk tersebut,  tapi andai saja kita mengetahui dan memahaminya, sebenarnya alam sendiri telah menyediakan solusi yg lebih ramah lingkungan untuk mengatasi hal itu.

Alam memang telah menyediakan semuanya bagi kita , tinggal bagaimana kearifan dan pemahaman kita dalam memanfaatkan apa yg telah alam berikan itu, beberapa jenis tanaman, baik itu tanaman yg berbunga indah  atau tanaman yg hanya berupa  dedaunan yg hijau segar, ternyata bisa kita manfaatkan untuk menghindarkan kita dari gigitan nyamuk,  berikut diantaranya:
                  
1.Geranium                    

Geranium (pelargonium citrosa)   
Bunga Geranium merupakan tanaman perdu, biasa juga disebut Tapak Dara tumbuh merumpun, daunnya hijau, berbentuk jangkar (menyerupai jangkar), tepi daunnya bergerigi. Batangnya banyak mengandung air, umumnya diperbanyak dengan cara stek. Tanaman geranium memiliki tiga varian, yakni citrosa mosquito fighter, cirosa queen of lemon, dan citrosa lady diana.
           
Tanaman ini mengandung geraniol dan sitronelol yang dapat mengusir nyamuk. Kedua zat yang dimiliki Geranium dapat dengan mudah terbang memenuhi udara. Kita bisa menanamnya  di dalam pot atau langsung di tanah. Tempatkan di tempat yang mudah terkena tiupan angin, karena pada saat daun-daun Geranium bergesakan, akan mengeluarkan aroma khas yg tidak disukai nyamuk,



 2.Lavender

Bunga Lavender (Lavandula Angustifolia)
Tanaman ini berasal dari Pegunungan Alpen (Swiss), berwarna ungu yg cantik, mengandung zat linalool dan lynalyl acetate, dan telah dimanfaatkan sebagai bahan pembuat lotion anti nyamuk. Selain tampilannya yg menarik, bunga lavender mengeluarkan juga aroma wangi yang tidak disukai nyamuk, dengan menggosokkannya bunga lavender ke kulit, dapat menghindari gigitan nyamuk.

Bunga Lavender dapat diperbanyak dengan teknik penyemaian, biji-biji bunga Lavender yang tua dan sehat disemaikan, setelah itu kita bisa menanamnya di pot atau langsung di tanah. Karena aromanya yg memang wangi, bunga lavender juga sering dipakai sebagai aromaterapi.



3.Rosemary

Bunga Rosemary (Rosmarinus offcinalis)
Bunga Rosemary menghasilkan bau seperti aroma minyak kayu putih. Aroma yang memang tidak disukai oleh nyamuk karena bisa mengacaukan penciumannya. Tanaman ini dapat ditanam di pot atau langsung di tanah. Penempatannya  di dekat jendela atau pintu bisa mengusir kedatangan nyamuk, karena terganggu dengan aroma yg di keluarkan tanaman ini, atau dengan menggosokkan daunnya yg berbentuk jarum  ke kulit, dapat menghindarkan kita dari gigitan nyamuk.

Tanaman ini akan tumbuh baik di bawah sinar matahari dan membutuhkan air yang cukup. Rosemary merupakan sebuah tanaman yang tahan penyakit dan hama, yang dapat ditumbuhkan melalui pencangkokan, dapat tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari dan membutuhkan air yang cukup. Selain perawatannya yang sangat mudah, tanaman rosemary ini sangat kuat dan tahan terhadap serangan hama.



4.Kecombrang

Kecombrang (Etlingera eliator )
Kecombrang atau honje adalah sejenis tumbuhan rempah. bunga, buah, serta biji kecombrang ini kerap kali dimanfaatkan sebagai bahan sayuran. Bunga ini juga dikenal dapat mengusir nyamuk.

Tanaman ini dapat tumbuh di dataran rendah sampai dataran tinggi, sangat mudah perawatannya, membutuhkan sinar matahari sepanjang hari dan kebutuhan air sedang, dengan menyiramnya  sehari sekali tanaman ini bisa tumbuh dengan baik.

Pemanfaatan bungan Kecombrang sebagai pengusir nyamuk dapat dilakukan dengan cara bunga Kecombrang dibersihkan dan dipotong sesuai ukuran, dihaluskan menggunakan blender, lalu ampas bunga kecombrang dicampur dengan air, diperas kemudian disaring, Oleskan ekstrak kecombrang pada kulit untuk melindungi kulit dari nyamuk.



5. Serai wangi

Serai Wangi (Cymbopogon Nardus)
Selain dikenal sebagai bumbu masak dan campuran jamu herbal, batang dan daun Serai wangi ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk, karena  serai wangi mengandung zat-zat, seperti geraniol, metilheptenon, terpen, terpen-alkohol, asam-asam organik, dan yg terpenting adalah zat sitronelal yg memiliki sifat racun kontak yg dapat menyebabkan kematian nyamuk akibat kehilangan cairan, karena khasiatnya tersebut ekstrak zat ini telah digunakan sebagai bahan baku pembuatan lotion pengusir nyamuk.

Cara lain untuk mengusir nyamuk, bisa dengan cara membakar batang serai dengan lilin dalam ruangan, aromanya yg wangi mampu mengusir kehadiran nyamuk dari ruangan. Perbanyakan tanaman ini dilakukan dengan pemisahan stek anakan, dengan cara memecah rumpun yang berukuran besar namun tidak beruas. Potong sebagian daun stek hingga tinggal 3 – 5 cm dari pelepah daun, dan kurangi  akar tinggalkan sekitar 2,5 cm di bawah leher akar, lalu kita bisa menanamnya di lahan atau halaman.


6.Zodia

Zodia (Evodia Suaveolens)
Tanaman Zodia berasal dari Papua. Masyarakat Papua biasanya menggosok kulitnya dengan dedaunan zodia tertentu sebelum masuk ke hutan agar terlindungi dari serangan serangga, khususnya nyamuk.

Zodia mengandung zat
evodiamine dan rutaecarpine. Menurut Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), minyak yang disuling dari daun zodia mengandung linalool yang dapat membantu mengusir nyamuk. Tanaman ini bisa ditanam dalam pot, dan ditempatkan di dalam ruangan (indoor plant). Dan bisa juga menanamnya langsung di lahan atau halaman.



7. Akar wangi

Akar wangi (Andropogon zizanioides Linn )
Akar wangi merupakan salah satu tanaman yang sudah dikenal masyarakat Indonesia selama turun temurun, umumnya ditanam di tanggul sawah dan di tepi sungai untuk mencegah erosi.  Tumbuhan ini dikenal dapat mengendalikan populasi nyamuk demam berdarah karena bau menyengat yang menjadi aroma khas akar wangi ini.
Minyak atsiri merupakan produk olahan akar wangi yg aromanya tidak disukai nyamuk, dengan mengoleskannya ke kulit kita, tanaman ini bisa menjadi "tameng" saat melakukan aktivitas out door

Berbicara soal khasiat, sesungguhnya tanaman ini tak hanya bermanfaat pada bagian akarnya. Daun dan batangnya pun bisa dimanfaatkan. Batang akar wangi ini bisa digunakan sebagai bahan baku kerajinan. Sementara itu daunnya bisa diolah menjadi minyak (selain bagian akarnya tentunya). Tanaman ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi sebab menjadi bahan baku pembuatan sabun mandi, kosmetik, parfum dan pewangi.


Mengusir nyamuk dengan sekaligus menghijaukan dan memperindah halaman rumah kita, dan mengurangi dampak polusi dari penggunaan bahan-bahan kimia pengusir atau pembasmi nyamuk, pastinya tak semudah mengoleskan lotion anti nyamuk atau menggunakan obat pembasmi nyamuk yg dijual dipasaran, tapi kesediaan kita untuk memahami atau bahkan mencoba bahan-bahan alami yg telah alam sediakan tersebut setidaknya bisa menambah kearifan kita untuk dapat memahami ketulusan alam dalam memberi dan berbagi.

Selain dengan menanam tanaman yg berguna untuk mengusir nyamuk seperti di atas, agar nyamuk tidak berkembang biak di sekitar kita, sanitasi lingkungan yg bersih dan sehat juga tentunya sangat diperlukan


source & references : wikipedia & others
Semoga bermanfaat
Hp@Rumahbungaku_Bunga & Tanaman pengusir nyamuk