Saturday, March 8, 2014

Manfaat Mawar


@Manfaat bunga mawar...
Selain cantik, indah dan harum aromanya, bunga mawar juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan, bahkan untuk pengobatan. Kelopak bunga mawar yang biasa digunakan untuk membuat air mawar mengandung vitamin A, B3, C, D dan E, juga mengandung falvanoid (antioksidan), tanin dan zinc yang dapat berfungsi untuk meperbaiki tekstur dan kesehatan kulit.

Selain itu, bunga mawar yang berwarna merah mengandung geraniol dan limonene berfungsi sebagai antiseptik, pencegah keputihan, dan penambah daya tahan tubuh. Khasiat mawar lainnya yaitu sebagai anti radang, aprodisiak, anti kejang, tonikum, ekspektoran, pereda haid, kelenjar leher, batuk darah, sembelit, penghilang bengkak, dan banyak lagi yang lainnya. Berikut catatan tentang beberapa khasiat mawar untuk kesehatan, kecantikan dan pengobatan, semoga bermanfaat...,


@Mawar untuk kecantikan dan kesehatan

1. Perawataan kecantikan dan kesehatan Kulit
Air mawar dapat menyeimbangkan produksi sebum pada kulit, baik untuk kulit berminyak maupun kulit kering. Kandungan polifenol dalam bunga mawar juga mampu melembabkan kulit, berfungsi sebagai serum, dan minyak tubuh yang dapat mencegah kerutan di kulit. Sedangkan Kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 dapat memperbaiki kerusakan kulit.

Mawar juga berfungsi sebagai penghalus dan pengencang kulit. Mawar kaya akan asam retinoat dan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat meremajakan kulit. Minyak biji mawar juga dapat berguna untuk menghaluskan, mengencangkan kulit dan menyamarkan noda pada wajah.

Air bunga mawar juga merupakan bahan pembersih alami yang kaya antioksidan dan mampu membunuh bakteri penyebab jerawat, caranya cuci wajah kamu dengan air hangat yang sudah dicampur dengan air mawar. Jika terkena efek kemerahan pada kulit karena pembesaran pembuluh kapiler, iritasi, ataupun luka bakar, bunga mawar juga dapat menyembuhkan luka tersebut, air mawar juga mampu melawan berbagai penyakit kulit dan eksim.

2. Perawatan kecantikan dan kesehatan Rambut
Kandungan vitamin dalam bunga mawar bisa membantu mengatasi masalah kerusakan pada rambut dan bisa merawat rambut agar tetap sehat, zat atau sari yang dihasilkan bunga mawar, sangat baik untuk kesehatan rambut. Mawar mengandung penyejuk alami yang dapat melembabkan, caranya cukup tuangkan beberapa tetes air mawar saat keramas bersamaan dengan sampo untuk menciptakan aroma khas yang wangi, bisa juga digunakan setelah keramas, tuangkan pada rambut yang masih basah, dan pijat lembut untuk membantu pertumbuhan rambut Kamu. Selain itu, air mawar juga dapat mengatasi peradangan di kulit kepala dan mengatasi masalah ketombe.

3. Perawatan kecantikan dan kesehatan Mata
Kandungan kolagen pada bunga mawar dapat melenturkan otot-otot mata, sehingga kornea mata memiliki cadangan kolagen berlimpah dan tidak mengeras.
Mata lelah dan lingkaran gelap di bawah mata juga bisa diatasi dengan air mawar. Air mawar juga dapat digunakan untuk mengatasi mata merah dan meradang. Teteskan 2-3 tetes pada mata, lalu tutup selama beberapa menit untuk membersihkan mata. 

4. Sebagai pengilang stres dan aromaterapi..
Aroma bunga mawar yang harum dapat meregangkan otak syaraf dan mengurangi stres setelah seharian beraktifitas. Aroma mawar yang harum sering dijadikan sebagai aromaterapi yang dapat mengembalikan ketenangan jiwa dan pikiran, pengobatan dengan menggunakan bunga mawar untuk mengurangi rasa cemas dan depresi ini ternyata sudah dilakukan oleh masyarakat Romawi kuno dan Yunani kuno.
Bagi kamu yang sedang mengalami depresi atau bahkan patah hati, mawar bisa menjadi obat pembangkit semangat, dengan melakukan terapi mawar secara rutin, kamu yang sedang merasa putus asa akan menjadi optimis kembali.

Kamu dapat mencoba terapi ini dengan cara antara lain, pilihlah mawar merah yang masih tertutup kuntum dan beraroma harum, kemudian simpan bunga mawar  tersebut di dalam lemari yang tidak mudah lembab, keharumannya bisa membuat kamu lebih rilex, atau  kamu juga bisa mencoba cara lainnya yaitu dengan berendam di dalam air hangat yang sudah dipenuhi mawar merah, hisaplah aroma harumnya dan kamu pasti akan menjadi lebih rileks.

Selain itu, ternyata perawatan seperti spa biasanya menggunakan air mawar sebagai bahan utamanya, hal ini dikarenakan keharuman air mawar yang khas dan bermanfaat untuk perawatan organ intimmu.


5. Sebagai pengharum teh (teh herbal)
Kelopak mawar merah juga bisa menjadi pengharum teh, caranya yaitu dengan mengeringkan kelopak bunga, kemudian merebusnya bersama teh dan air. Setelah menjadi teh, air tersebut disaring dan dapat disajikan dengan madu, gula dan sedikit perasan jeruk lemon. Teh yang segar dan aroma mawar yang wangi ini, bisa untuk terapi atau pengobatan stres perut dan infeksi kandung kemih, disamping sebagai minuman hangat yang memiliki efek menenangkan tentunya.



@Mawar untuk pengobatan,
Sebagai obat untuk batuk kering, caranya, cuci bersih 10 gram mawar kering, campur dengan 30 gram gula batu, lalu ke-2 bahan ini di tim sampai 1/2 masak atau hingga keluar airnya, saring kemudian diminum pada saat hangat.

Mengurangi bengkak pada kaki yang disebabkan sirkulasi darah tidak lancar, caranya yaitu ambillah 2-3 bunga mawar, 30 gram daun sembung, bersihkan ke-2 bahan tersebut, lalu rebus dengan air 600 ml sampai tinggal separuhnya, minum 2 kali 1 hari setelah makan.

Menangani haid tidak teratur, caranya yaitu ambillah 15 gram bunga mawar, 15 gram bunga asoka/siantan, 90 gram daging lidah buaya, semua bahan tersebut dibersihkan, lalu rebus dengan 600cc air sampai tinggal 200 cc, kemudian saring, dan diminum 2 kali 1 hari setelah makan.

Untuk pereda nyeri haid, ambil 15 gram mawar merah dan campurkan mawar tersebut dengan 30 gram irisan temu lawak, 15 gram daun dewa, dan 10 gram ubi teki kering. Kemudian, semua bahan tersebut dicuci bersih dan direbus dengan 600 cc air. Tunggu sampai airnya berkurang setengah, yaitu 300 cc. Air yang sudah disaring diminum dua kali sehari.

Untuk penggunaan mawar merah sebagai tonikum, yaitu dengan cara merendam dua atau tiga tangkai mawar sampai layu di dalam 300 cc air. Sebelumnya, mawar harus dicuci sampai bersih. Air rendaman mawar tersebut diminum sedikit demi sedikit. Bagi masyarakat India kuno, mawar dianggap mampu mengatasi masalah pencernaan dan menjaga metabolisme tubuh agar tetap prima.

Selain kelopak bunganya ,  biji bunga mawar (roseship) juga bisa digunakan untuk bahan produk kecantikan, dan juga dapat  menurunkan tekanan darah, dan tingkat kolesterol pada tubuh manusia.

Wah banyak sekali ternyata manfaat dari bunga mawar yang cantik ini, sungguh anugrah Tuhan bagi manusia yang patut dipahami dan disyukuri tentunya, mawar ternyata tidak hanya cantik, meski tangkainya dipenuhi duri, tapi mawar ternyata sangat bermanfaat....

just wanna share, semoga bermanfaat...,
Hp@rumahbungaku-manfaat mawar 


Related post :  
Say-with-roses
Hama tanaman mawar

The-legend-of-roses